Kenali Beragam Penyakit Kulit yang Umum Terjadi

Kenali Beragam Penyakit Kulit yang Umum Terjadi – Saat ini sudah semakin banyak jenis penyakit yang banyak membuat orang merasa takut dan juga sangat waspada untuk dapat terkena. Ada berbagai jenis penyakit kulit yang sangat umum terjadi. Sebagai organ terluar dari tubuh, paling mudah mengalami gangguan. Seperti iritasi sampai infeksi akibat jamur kerap menyerang kulit.

Kondisi ini dapat memicu beragam penyakit kulit. Keluhan yang muncul pun mulai dari yang ringan hingga dapat mengancam jiwa.
Gangguan pada kulit juga sering berdampak pada menurunnya tingkat kepercayaan diri. Oleh sebab itu, keberadaan penyakit kulit tidak bisa diacuhkan begitu saja.
Berikut ini beberapa jenis penyakit kulit yang umum dialami:

Kenali Beragam Penyakit Kulit yang Umum Terjadi

Bisul
Berupa benjolan merah pada kulit yang berisi nanah. Bisul muncul akibat infeksi bakteri yang memicu icsrestaurantbuilders peradangan pada folikel rambut.
Bisul seringnya dijumpai pada area yang sering mengalami gesekan dan berkeringat, seperti wajah, ketiak, bahu, bokong dan paha. Bisul juga dapat muncul di kelopak mata. Kondisi ini biasanya dikenal dengan istilah bintitan.
Sebagian masyarakat berasumsi bahwa bisul timbul akibat teralu banyak mengonsumsi telur. Tapi faktanya, kehadiran bisul ditimbulkan oleh bakteri Stahylococcus Aureus.

Bakteri ini dapat ditemukan di dalam kulit dan hidung. Pada dasarnya, keberadaan bakteri ini tidak menimbulkan masalah. Bisul dapat terjadi jika bakteri telah masuk dan menginfeksi folikel rambut.
Pada umumnya, pengobatan bisul jarang memerlukan tindakan medis. Anda bisa menanganinya dengan langkah sederhana di rumah, seperti mengompresnya dengan air hangat. Jika bisul telah pecah, Anda bisa membersihkannnya dengan menggunakan kain kasa serta alkohol atau sabun anti bakteri.

Panu
Panu terjadi akibat infeksi jamur yang mengganggu pigmen kulit. Kondisi ini menimbulkan bercak dengan warna yang lebih terang pada kulit. Infeksi jamur dapat dipicu oleh perubahan hormon. Faktor lain yang turut andil adalah keringat berlebihan dan kulit berminyak.
Seringnya panu ditemukan di punggung, dada, lengan atas, leher serta perut. Meskipun panu tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi keberadaannya dapat mengganggu penampilan. Panu dapat diobati dengan memberikan terapi anti jamur, baik dalam bentuk lotion atau krim.

Kudis (Scabies)
Kudis merupakan kulit yang ditandai dengan rasa gatal hebat, terutama pada malam hari. Kondisi ini disertai dengan timbulnya ruam bintik-bitik menyerupai jerawat atau lepuhan kecil bersisik.
Tungau Sarcoptes scabiei menjadi penyebab kemunculan kudis. Tungau tersebut dapat berpindah ke manusia lain, baik secara langsung dan tidak langsung.
Penanganan yang tidak tepat terhadap kudis akan menyebabkan komplikasi. Kudis dapat menimbulkan infeksi bakteri dan Norwegian scabies (kudis berkrusta).
Kudis berkusta akan menyebabkan kulit menjadi keras dan bersisik. Hal ini disebabkan karena tungau telah berkembang biak dan berjumlah lebih banyak daripada kudis biasa.

Kurap
Kurap terjadi karena adanya infeksi oleh jamur pada kulit. Biasanya ditandai dengan munculnya ruam melingkar yang berwarna merah.

Berkontak langsung dengan penderita merupakan cara penularan kurap. Selain itu, berbagi pakaian atau handuk dengan penderita juga dapat menimbulkan kurap.